Galvanisasi

Apa itu Galvanisasi ?

Galvanisasi adalah metode yang paling sering digunakan untuk mencegah korosi. Galvanisasi merupakan proses penambahan lapisan seng pada lapisan tebal pipa atau besi, yang membantu untuk melindungi dari terjadinya korosi tersebut. Contohnya dapat anda lihat pada tiang lampu ataupun marka jalan, mayoritas menggunakan warna silver. warna silver tersebut biasanya dihasilkan dari proses galvanisasi tersebut.

Bagaimana cara kerja Galvanisasi ?

Galvanisasi terbuat dari lapisan yang dapat melindungi baja/besi dari material destruktif lainnya. lapisan galvanisasi tersebut mencegah air, kelembaban, ataupun material lain yang dapat menyebabkan korosi.

Dibawah ini ada beberapa metode dalam pengalvanisasian :

  1. GALVANISASI HOT-DIP 

Sesuai dengan namanya, metode ini melibatkan pencelupan material besi/baja kedalam kolam atau wadah yang berisi dengan cairan seng panas.

Pertama, logam dasar harus dibersihkan baik secara mekanis, kimiawi, atau keduanya untuk memastikan ikatan kualitas dapat dibuat antara logam dasar dan lapisan seng. Setelah dibersihkan, logam dasar kemudian dialirkan untuk menghilangkannya dari sisa oksida yang mungkin tersisa setelah proses pembersihan. Logam dasar kemudian dicelupkan ke dalam bak cairan seng yang dipanaskan.

Kelebihan metode ini adalah ekonomis; itu dapat dilakukan dengan cepat dan ke bentuk yang kompleks. Namun, pelapisan akhir relatif tidak konsisten terhadap proses galvanisasi lainnya.

  1. PRE-GALVANISASI

Proses galvanisasi ini tidak jauh berbeda dengan metode galvanisasi hot-dip.Biasanya metode ini digunakan pada besi/baja yang sudah memiliki bentuk spesifik.

Pra-galvanisasi melibatkan lembaran logam bergulir melalui proses pembersihan yang serupa dengan proses galvanisasi hot-dip. Logam tersebut kemudian melewati kolam seng panas, dingin dan kemudian ditarik kembali.

Keuntungan dari metode ini adalah bahwa gulungan besar lembaran baja dapat dengan cepat digalvanisasi dengan lapisan yang lebih seragam dibandingkan dengan galvanis hot-dip. Kerugiannya adalah bahwa begitu fabrikasi logam pra-galvanis dimulai, area yang terbuka dan tidak dilapisi akan tampak terlihat. Ini berarti bahwa ketika gulungan panjang lembaran dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil, tepi tempat logam dipotong dibiarkan tampak.

  1. GALVANISASI ELECTRO

Berbeda dengan proses sebelumnya, proses galvanisasi ini tidak menggunakan rendaman seng cair. Alih-alih, proses ini memanfaatkan arus listrik dalam larutan elektrolit untuk mentransfer ion seng ke logam dasar. Ini melibatkan pengurangan ion-ion seng bermuatan positif menjadi logam seng yang kemudian diendapkan pada material bermuatan positif. Penyuling biji-bijian juga dapat ditambahkan yang membantu memastikan lapisan seng halus pada baja. Mirip dengan proses pra-galvanisasi, elektrogalvanisasi biasanya diterapkan terus menerus pada gulungan lembaran logam.

Beberapa keuntungan dari proses ini adalah lapisan yang seragam dan ketebalan lapisan yang tepat. Namun, pelapisan biasanya lebih tipis dari pelapisan seng yang dicapai dengan metode galvanis hot-dip yang menyebabkan kualitas proteksi terhadap logam dasar lebih kecil.

 

Informasi Penting

 

PT. JAYA BAJA UTAMA           
Jl. Tanah Abang I No.11F
Petojo Selatan, Gambir
Jakarta Pusat 10160
Indonesia

Telp +62 21 420 1438
  +62 21 350 5994
Fax +62 21 352 3982
Mobile +62 8111 2333 85
  +62 858 9999 3385
Email sales@duniapipa.co.id

 

Klik untuk berbicara langsung dengan Sales kami via Whatsapp

Sales 1
Sales 2

 

duniapipa
@duniapipa
www.duniapipa.co.id